Sulit Netral? Bukan karena Oli saja
Mungkin bagi beberapa pengguna pulsar terutama pulsar 180 UG IV sering kali mengalami kesulitan dalam menetralkan gigi. Posisi N sangat sulit dicapai dari gigi 1 sehingga beberapa rider ‘mengakali’ dengan diawali dari gigi 2 terus ditekan setengah hingga akhirnya posisi N. Itupun kadang tidak langsung N tetapi beberapa ‘klik-klik’ baru bisa mencapai posisi N yang dibuktikan dengan lampu indicator Netral menyala hijau.
Ketika mengalami kondisi diatas sering kali kita menyalahkan oli yang kita pakai. Memang sih beberapa jenis oli memang berpengaruh terhadap pergerakan posisi gigi tetapi itu tidak satu-satunya yang menentukan. Ane baru tahu kalau ada factor lain yang menyebabkan kesulitan menetralkan gigi yakni karet silinder. Entah benar atau tidak menyebutnya yang jelas karet kecil berbentuk bundar ini kalau sudah ‘aus’ akan mempengaruhi kesulitan dalam menetralkan gigi. Inipun baru ane ketahui ketika servis sabtu (13/8) di beres gresik.
Sebelumnya hari jum’at (12/8) seperti biasa ane iseng-iseng melihat motor. Kwatir kejadian paku menempel di ban terulang lagi. Ketika mengamati motor, mata ane tertuju pada blok mesin. Kok sepertinya ada yang merembes ya?. Ane mencoba mengamati lebih dekat untuk memastikan ternyata benar oli merembes. Sebelumnya ane kira kondisi basah itu adalah sisa-sisa mengganti oli (Motul) minggu yang lalu ternyata oli itu benar-benar merembes.
Hari sabtu (13/8) pagi langsung ane bawa ke beres gresik. Sama mekanik ditanya apakah ada kesulitan dalam menetralkan gigi.” Iya mas dalam 3 minggu belakangan” jawab ane sambil mengamati blok mesin. Sang mekanik menjelaskan bahwa karet yang ‘membantu’ menetralkan gigi telah ‘aus’ sehingga harus diganti. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengganti karet tadi…
OOO..baru tahu ternyata karet itu yang menyebabkan oli merembes dan kesulitan dalam menetralkan gigi…cmiiw
pulsar lagi
LikeLike
pancen ndue ne sepeda pulsar… hahaha….
LikeLike
@ ipan : ya begitulah
@ ready : sepeda dengan harga merakyat…. ;-D
LikeLike
niceee,…. infooo thanksss
nitip ya gan
http://warungmotor.wordpress.com/2011/08/19/kawasaki-edge-115cc-trip-dieng-plateu/
LikeLike
ati2 broth.. mungkin krn overheat jadi banyak yg aus..karet jadi pada kebakar..
bukannya ane ngejelekin merk, tp dari suara aja udah kebuktian
klo suara mesin kasar -> high friction -> panas -> loss power -> boros bensin, jeroan jadi aus -> problem -> dompet jebol.. 😯
penyebab ? macem2 misal pake oli yg kurang bagus, oli palsu/jelek..
-jeroan byk udah aus/rusak
-cacat produksi -> wah klo yg ini siyh udah apes nasip 😥
temen ane pake p200 baru setaon udah banyak operasi dalem ganti jeroan mis: ring piston,dll..
tergantung perawatan juga siyh broth..pulsar itu kenceng tapi irit tapi ?? resikonya mesin lebih panas dr merk laen
LikeLike
Punyaku juga sudah pernah tak ganti, karna rembes olinya. Tapi tetep aja masih susah netral 😀 memang sudah gawan bayi paling Mas hehehehe
LikeLike
nice inpo mas,berlaku juga u/ merek lain
LikeLike
@ juragan warung : sama2 mazbro..
@ willykk : nais inpoh…jujur ane tidak paham dan ngerti permesinan 😀
@ warga sipil : wkwkwk….durung di slameti paling 😛
@ nanared : sama2…klo merk lain belum tahu bro
LikeLike
punya saya belum rembes tapi susah tu netralin nya….. mana yg bener ya,,,,,?
LikeLike
pulsar saya th 2010 pembelian bln 10 . 2010,dari awal sudah begitu…sampe sekarang malah tambah parah…untuk netralin nya,jadi sekarang kudu matiin mesin dulu baru bisa netral…
LikeLike
sekarang bajaj malah memikirkan produk terbaru nya….bukan nya membenahi kekurangan produk nya yg sudah ada….jangan seperti menjual kacang goreng aja, pkirkan dong kekurangan,kelemahan dari produk yg sudah ada itu,dengarkan dan pelajari dari keluhan keluhan pengguna bajaj, terus spare part itu yg hurus lebih di pikirkan bukan produk tebaru yg mesti di pikirkan.
LikeLike
@ jul Black : like this….BAI harus berbenah
LikeLike
Pingback: Coba Oli baru, FK Massimo Super « www.setia1heri.wordpress.com
Bisa jadi emang gearbox nya bermasalah,,Thank info nya gan..gua mau jalan jalan dulu,,,,,,,,ok dah……..
LikeLike
Pingback: Sungguh T E R L A L U : sulit netral dan netral sendiri… « www.setia1heri.wordpress.com
Sama nih kasusnya ama pulsar p220 ane, oli rembes dari situ…… btw makasih infonya bro…. pulsar ane baru 6 bulan …., bener tuh BAI harusnya benahi dulu kekurangan2 produknya …
LikeLike
betul bro..ane dah ganti 3 kali karet itu 😦
LikeLike
Pingback: Coba Oli baru, FK Massimo Super | setia1heri.com