Ini pengalaman kawan KHS yang meminang Honda CB150R akhir tahun 2012 kemarin dan nopol keluar pertengahan Januari 2013 silam. Beliau tinggal di Cileungsi, Bogor namun setiap hari mbajak alias Pulang Pergi dari tempat kerjanya yang ada di Jakarta. Kurang lebih jarak kantor dengan rumah 70 km sekali jalan yang beliau jelajahi setiap hari kerjanya. Nah beliau curhat terkait tunggangan barunya yang masak motor baru sudah ganti 2 kali fuelpump meskipun masih dalam masa garansi.
Berikut kawan kronologisnya yang dikrim via email mengenai kejadian bulan Februari dan Maret ini. Cekidot, “
Dear Heri-san,
Begini kronloginya,
Pada saat hujan deras tuh motor tidak saya masukin rumah karena saya sedang tertidur pulas, karena dari jam 7 malam sampai jam 12 malam motor CB tersebut kehujanan, setelah jam 12 saya dibangunin sama istri saya suruh masukin motor ke dalam rumah, kemudian motor saya masukin dan esok paginya ketika saya akan berangkat kerja biasanya motor tak panasin terlebih dahulu tapi tiba-tiba motor susah dihidupkan, Pertama pakai kick starter gak hidup-hidup tuh mesin motor sampai beberapa kali dan selanjutnya saya coba pakai electric starter juga masih belum nyala-nya dan setelah itu nyala tersendat –sendat, nah setelah itu motor setiap saya pakai selalu batuk dan tersendat-sendat dan hal itu sering saya rasakan setiap hari selama saya pakai berangkat maupun pulang kerja.
Kemudian pada suatu hari saat saya pakai tiba-tiba knalpot ada bunyi batuk berkepanjangan kemudian tak lama motor mati dan tidak bisa dinyalakan kembali alias mogok, setelah itu motor dibawa ke Bengkel Honda terdekat dan ternyata masalahnya adalah full pump yang karatan karena tangki kemasukan air begitupula proses penggantian full pump untuk yang kedua kalinya.
Untuk kasus yang kedua menurut kawan tadi terjadi mungkin karena kemasukan air ketika lagi dicuci atau bagaimana yang jelas selang satu bulan setelah penggantian pertama yakni bulan Maret fuelpump perlu diganti lagi.
Mungkin masbrow penyemplak CB150R apakah mempunyai permasalahan serupa seperti yang dialami kawan ane tadi. Bisa dishare dimari apakah karena memang gejala diatas atau memang karena kualitas komponen fuelpump-nya.
Maturnuwun.
baca juga :
Pernah baca kejadian serupa di grup honda cb 150 di kaskus,klo yg ini karena pas motornya dicuci airnya masuk ke dalam tangki,yg ujung-ujungnya sama bikin fuel pump rusak,sampe harus kurang tangki,sepertinya ini gara-gara desain tutup tangki yg gak rata itu,lama kelamaan gak cuma fuel pump tapi tangki bensin jg akan karatan dan keropos
LikeLike
woh
LikeLike
bahaya
LikeLike
haha..tersangkanya pasti yang njendul itu.. 😉
Kasuuusss…
LikeLike
penyakit lama tuh,air masuk tangki…kayaknya saya mesti kuras tangki juga nie
LikeLike
nah lho….
tutup jendul dari jaman baheula selalu jadi masalah kok masih dipertahankan juga…
*nasib korban tangki bocor
LikeLike
kasus vixion pertama pun menjalar
LikeLike
mungkin juga masalah bensin yg kotor ato tercampur sama uap air juga bisa jadi biang keroknya juga kok IMHO
LikeLike
kluaran versi ke 2 ntar di perbaiki 🙂 … sama kek piksen… tpi itu dulu gara2 berjemur…
LikeLike
Ya udah, ganti aja tutup tangkinya,, njendul
LikeLike
kejadiannya mirip banget sama cb temen, cb nya ke gerojog air hujan dari genteng (bukan dari langit), yg jelas lebih deras. Besoknya mbrebet, tapi masih bisa jalan.
Titip mas http://motogokil.wordpress.com/2013/06/03/belajar-ecu-bag-1-ecu-ternyata-benar-sesuatu-yang-menakutkan-bagi-mekanik-sepeda-motor/
LikeLike
ganti motornya
http://sarikurnia980.wordpress.com/
LikeLike
Pingback: CB150R baru 2 bulan sudah ganti fuel pump 2 kali ada apa ini | PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^
gara2 ngejar murah sbg kompensasi mesin dohc-nya
LikeLike
tanya aksesoris stang nya dong, pake merk apa? eye catching banget tapi proporsional 😀
LikeLike
Stang merk probiker Mas Brow, kalau mau beli ada banyak di toko aksesories Jakarta terutama di Aneka Motor Jl. Raya Bogor tepatnya di daerah Cibubur
LikeLike
Pingback: Honda CB150R baru 2 bulan sudah ganti fuel pump 2 kali ada apa ini | PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^
CB saya juga pernah ngalamin ga bisa hidup gara-gara kehujanan, pas di kuras banyak airnya kang. kata mekanik AHASS mendingan di standar dua kalo lagi hujan! kalo di standar 2 masih kemasukan air TERLALU itu mah haha, lumayan kan sekali kuras tangki 30.000 kalo di AHASS.
LikeLike
@ all : makasih atas komengya..semoga pabrikan bisa mengambil sikap 😀
LikeLike
Motor ini yang di tonjolin hanya tekhnologi aja yah…kualitas materialnya sendiri jeblok….serem banget
LikeLike
dan teknologinyapun hanyalah teknologi khayalan, dimana DOHC abal-abal yg masih mudah ditabokin mesin SOHC lemot sekalipun :v
LikeLike
Penyakit turunan tangki….. Solusi lem kuning… Mohon dikoreksi klo salah
LikeLike
mudah2an segera ada tindakan dari pabrikan
http://sarungjokcooltech.wordpress.com/
LikeLike
sumpah… Aku akan beli CB150R. Dan udh jadi tekad aku, uang udh ada.
Tp setelah membaca dan mengikuti forum2 di fb.
Saya kok jadi ngeri ya mo beli CB150r.
DENGAN banyak sparpartnya yg abal abal.
Kayaknya gak nyampek 2 tahun motor ini akan banyak lagi penyakitnya yg akan terungkap…
Skarang jadi ke lain hati nih…
Andai nvl kepalanya bagus + 6 speed
Aku yakin 1002% cb150r gak bakalan laku.
LikeLike
sudah2 lah kamuorang tu
cb150r tetap yg terbaik dan aku tidak akan terpengaruh dengan omong kosong kamuorang
tetap one heart
LikeLike
numpang lewat…ane boyong ni cb seminggu setelah launching di surabaya. 4 bulan pake baik2 saja. selanjutnya kok mulai brebet2. kata orang AHASS posisi pompa bensin terlalu tinggi, nah pada saat posisi bensin 2 strip mulai deh mbrebet. ok ane maklum, tp kok keterusan mbrebetnya walaupun tangki full. akhirnya bulan ke 9 gak cm mbrebet. mesin bisa nyala tp begitu putar gas langsung mbrebet dan koit. opname deh di AHASS sebelah kantor. setelah di cek ternyata harus ganti injector. nasib
LikeLike
wah turut prihatin sob…trims atas inpohnya 😀
LikeLike
emang sih garansi PGM-F1 nya 5 tahun…tapi yg bikin sebel lagi kepala mekaniknya bilang kalo onderdilnya blm beredar di pasaran. alhasil harus nunggu kira2 1 bulan. sabar…..!!!!!
LikeLike
xixixixi #ngelusdada
wah gimana nih AHM
LikeLike
weleh2, ame jdi takut nyuci cb ane, eh verza maksute
LikeLike
Ud pake mesin karbu aj, murah ga banyak masalah
LikeLike
Hehehe….jamanya injeksi brow
LikeLike
Waduh, jdi ragu2 nie mau beli CB150R, pdhal niat hti udah pas 100000% mau beli cb, uang pun sdah siap, tpi stlah baca2 tntang cb kok jdi ragu/bimbang. Gmna nie.?
LikeLike
Yaaahhhhh…. padahal udah mantep bgt mau beli 😦
LikeLike
Yupz…tiada barang sempurna bro
LikeLike
gan….. kalau boleh tau FUEL PUMP Harganya Berapa Sih………..
LikeLike
pernah ganti dimana…. soalnya ane belum dapet nih barang tersebut…. cb 150 r ane dah 2 hari nih nganggur…. brebet parah……… toloooooooong… ya gan ya…….
LikeLike
coba di diler terdekat masbrow 😀
LikeLike
punya saya juga ada masalah mas bro… klo lagi macet suhu cairan pendingin mentok sampe merah… dari depok ke pasar minggu harus leyeh2 sampe 3x…. pusink deh.. kenape ya bisa begono? mohon saran para senior nih..
Ga rekomen deh motor ini buat temen2…
LikeLike
Om saya punya soul gt … Udah setahun gpp padahal keadaannya boreup 58 ,trus pas ga lama ini motor saya kendala sama fuel pumpnya trus saya ganti baru.selang 2 hari pemakaian gejala fuel pump mati lagi … Trus saya coba ke yamaha setelah itu motor normal lagi. Sekitar 4jam berjalan saya bawa … Ehhh itu penyakit dateng lagi… Apa ya penyebabnya ??? Tolong ya om” bantu untuk infonya … Tekor abis buat biaya penggantiannya
LikeLike
Wah…coba tanyakan ke kang aripitstop.com
LikeLike
Saya punya pengalaman fullpamp cb ane kena putus kbl warna merah..trs saya tanya ke mekanik honda dealer nunggu 2 minggu,hrganya 600rb,akhirnya,saya alkalin,saya soder sendiri,sebgai mngan soderan saya kasih lem besi,akhirnya saya suruh pasang dh bisa hidup,,cm kluar biaya 50rb,cukup sekian pengalaman pribadi saya,
LikeLike
Wah makasih bro sharingnya…mungkin bisa dcoba bagi yg punya masalah sama
LikeLike
Oke deh om …. Makasih .semoga dapet pencerahan
LikeLike
karena tutup tengki nya. coba diganti rata + desain ulang agar air tidak masuk ke tangki pasti joss.
LikeLike
Smoga desain terbaru..hal itu bisa ditanggalkan…
LikeLike
Lha ni gw lgi dikerjain cibi, kayaknya pompa injeksinya jg, mn bengkel resmi blm buka lgi, lama” gw bakar jg ni motor, masak motor br 6bln udh ngadat”?, “geram abis”
LikeLike
Wah sabar brow…cb samperin beres yg lain
LikeLike
Gw malah baru 700km alias baru 2minggu dipakai sudah mogok, langsung telp ahass & cibi langsung diboyong lagi kebengkel. smpe skrng masih diopname gak tau masalahnya.. Nasib..!
LikeLike
Wah turut prihatin brow
LikeLike
Ternyata fuel pumpnya sensornya yg korosi, gak pernah kena hujan koq udah berkarat, kelamaan di gudang & pengiriman kayanya
LikeLike
o gitu ya..
LikeLike
Pagi gan,mohon sharenya nih,ane punya cb 150R masalahnya adalah,kenapa ampere bensin naik apabila mesin sudah panas?mohon sharenya ya gan.trims
LikeLike
ni ampere atau strip indikator bensin? kalau cuma naik 1 strip itu biasa terjadi di dalam bar meter motor digital masbrow
LikeLike
itu ganti stang + peninggi stang,, kabel2nya juga ganti gk?
LikeLike