Mumpung lagi rame-ramenya blogger senior bahas Motuba (Mobil Tua Bangka ataupun Mobil Tua Tetap Bangga) maka ane tertarik juga untuk mengangkat motuba milik seorang kawan yang sudah direstorasi awal tahun 2012 kemarin. Berhubung ane tidak paham mobil dan tetek bengeknya maka ane tuliskan apa adanya hasil obrolan dengan kawan yang punya koleksi Moge Harves (Harley Vespa) itu (postingan disini).
Kawan bernama bro kiki ini memang hoby yang serba retro mulai motor hingga mobil. Beliau membeli Honda Civic generasi pertama brojolan tahun 1976 ini tepatnya pada tahun 2005 silam dengan harga cukup 7 juta rupiah saja. Beliau membeli mobil warna abu2 hijau metalik ini di tetangga sesama warga Surabaya. Kondisi waktu beli apa adanya alias mentahan. Pada waktu itu langsung dipakai apa adanya tanpa ada keinginan untuk melakukan restorasi.
Mobil 1500 cc ini baru ada keinginan restorasi atau permak pada awal tahun 2012 ini. Hal restorasi pertama dilakukan pengecatan ulang dimana mobil dikerok hingga habis, didempul, ganti plat-plat kropos hingga mengganti karet kaca-kaca. Proses pengerjaan cat ulang ini hingga 3 bulan dengan menghabiskan biaya sekitar 8 jeti rupiah. Bengkel pengerjaan ada di Sidoarjo.
Selanjutnya mesin over houl alias distandarkan lagi. Proses yang dilakukan yakni penggantian seker lengkap, boring, matahari, aki, seker, radiator, waterpump dan karburator. Proses pengerjaan selama 1 bulan karena memang digarap sambil lalu terutama pada malam hari. Biaya yang dikeluarkan untuk pengerjaan mesin overhaul sebesar 5 jeti. Proses pengerjaan dirumah sendiri dengan dibantu seorang kawan mekanik mobil.
Setelah itu dilakukan penggantian velg dan ban dengan cara tukar tambah yang menghabiskan biaya 1 jeti. Disusul dengan penambahan beberapa variasi seperti lampu strobe, rack roof, spion retro, emblem dengan anggaran sekitar 700 ribu rupiah. Konsep yang disusung memang kembali ke selera asal alias kelihatan seperti saat pertama keluar bahkan dengan cat warna pun dipertahankan seperti sedia kala. Setelah itu mobil mini ini sudah siap untuk diajak jalan-jalan kemanapun suka-suka.
Bro kiki dengan memakai Honda civic pertamax generation ini bergabung dalam SRCC (Surabaya Retro Car Community) yang kopdar di jalan Tunjungan depan Robobank setiap sabtu malam. Turing atau perjalanan jauh yang pernah dilakukan yakni ke Kediri. Menurut pria berbadan subur ini tarikan civic ini begitu kencang dan lincah buat manuver menembus kepadatan kota Surabaya.
Namun begitu dengan jujur bro kiki juga menyampaikan kekurangan-kekurangan dari mobil yang dipunyai ini yakni perlu perbaikan kaki-kaki alias understeal. Seperti penggantian shock breaker, terot, stabilizer dan cross join. Selain itu perlu penggantian audio nya biar maknyus ketika menemani jalan-jalan ke kota. Dan uniknya selama ini si mobil yang gesit ini tidak pernah mogok meskipun sudah berumur 37 tahun sejak pertama keluar…heheheehe. Mantabz. Pernah digeber sampai berapa bro “si mungil yang menggemaskan” ini ? iseng ane nanya. “ wadow…sorry speedometernya lagi rusak…wkwkwkwk” ujar pria yang juga hoby scooter jadul ini
Kawan, kurang lebih dibutuhkan bajet 16 juta untuk melakukan restorasi diluar harga mobil tersebut. Atau sekitar 25 jetilah dengan harga mobil dan semua tetek bengek yang lain maupun ongkos pengerjaan. Sebuah harga yang tidak jauh berbeda dengan harga sebuah motor tiger atau vixion dengan sedikit nambah duit lagi…hehehe. Dengan mobil retro ini selain bergaya juga bisa membawa keluarga biar gak kepanasan maupun kedingin….xixixixi
matoernoewoen
foto : istimewa
baca juga :
- Bajaj Pulsar tenaga listrik
- Vixion Modifikasi Aura Racing di IMOS 2014 kemarin
- Pulsar dengan 2 snalpot ternyata ganteng juga
- Ternyata PulsaR juga bisa nangkring di Pit R Shop Yamaha…R series juga lho xixixi
- Harley made in Cina brow [full pict]
- Pulsar roda 3 seperti Yamaha tricity atau Piaggio mp3 😀
- Motor modif ditempeli rumput….ada-ada saja
- Ini Pulsar modifikasi robot apa yah?
- Yamaha Mio modif 4 roda
- Yamaha Sigma yang mempesona
- Curcol kawan biker jakarta untuk Pak Gubernur Ahok terkait pembatasan akses sepeda motor [surat terbuka]
- Berlagak fast and furious di jalan tol, mobil ferrari nopol palsu disita PJR Polda Jatim
- Lokasi Bengkel dan aksesoris mobil di sudut-sudut Surabaya
- Parkir mobil 100 ribu, ini tukang parkir apa tukang palak?
- Pengalaman pertamax nubi belajar nyetir mobil (grogi masbrow…mbaksis….)
- Habis nubruk motor, polisi ini ngajak damai saja
- Kereta mau lewat…..ada mobil berada di depan palang pintu perlintasan, siapa yang mesti disalahkan?
- Beragam kreasi unik dari ban bekas brosis
- Pajero terbaru gan 😆
- Ada balapan F1 di Lombok
lagi usum
LikeLike
yuup 😀
LikeLike
yang jadul emang gak ada mati nya,,,,kang Heri.
LikeLike
hehehe…si empu mobil nongol 😀
LikeLike
keren cing….
LikeLike
oh yes 😛
LikeLike
wii naga-naganya ape nebus motuba koyoke 🙂
LikeLike
wkwkwkwkw….amiiin 😀
LikeLike
beberapa tipe motor / mobil klasik modele memang tak lekang oleh jaman,, sing penting mesine gak mogokan
Oiyo kang,, cuma bantuin temen promo nih,,
Siapa tahu ada temen2 GPC atau Prides Gresik yg pengen test dyno motore. Koncoku buka bengkel modif motor (spesialis kelistrikan + lampu2) di ruko Manyar resort (sampinge pom bensin tenger) dan dia punya alat dynotest.
Grand opening tanggal 16 September ini (Nobar Moto GP), tapi kalo mau hari ini atau besok2 main ke situ juga sudah bisa. Sing duwe bengkel namanya riza, membere TVS gresik juga. Bengkel buka jam 13.00 – 20.30. Matur nuwun
LikeLike
wah nais inpoh cak…gratis yah ? xixixiix
LikeLike
gimana kabarnya mas Damhar? suwe ra ketemu.
LikeLike
Yoha…
LikeLike
Bisa tanya alamat bengkelnya?
LikeLike
Bro ane pnya nih mao koleksi lagi g???
LikeLike
Bro kl mang mao kunjungi fb ane
aris.thelegend@yahoo.co.id
LikeLike
Bro kl mang mao kunjungi fb ane
aris.thelegend@yahoo.co.id
LikeLike
joz
LikeLike
punya ane lom kelar2 dari bengkel cat,,,gak sabar pengen ngegassss si unyiilll……….
LikeLike