Ada pemandangan yang menarik perhatian ane terkait motor tunggangan orang-orang di sekitaran Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hal ini ane amati ketika beberapa waktu lalu dolanan ke gunung yang menjadi salah satu ikon jawa timur ini (postingan disini). Memang sih banyak tunggangannya yang lalu lalang namun yang mayoritas adalah motor batangan GL Pro. Ini yang mengusik perhatian ane.
Biasanya kalau motor digunung akan banyak kita temui yang dimodif seperti trail. Baik yang berbasiskan mesin motor laki maupun motor bebek. Namun yang ane dapatkan ketika di sekitaran Wonokitri justru banyak yang memakai motor Honda GL Pro lansiran tahun 90 an ini. Tapi jangan tanya nama GL-Pro karena disana justru terkenal dengan sebutan “Nyu-Tek”.
Kok bisa ? tidak tahu sejarahnya gimana yang jelas “Nyu-Tek” juga merupakan tawaran teknologi “Neo-Tech” dari Honda GL Pro waktu itu. Ane sempat nanya salah satu warga yang kebetulan ada disitu bertanya terkait mengapa banyak memilih motor batangan “Nyu-Tek”. “Tenaganya kuat buat naik turun gunung mas, buat kerja ngangkut beban juga kuat “ ujarnya. Wow…berarti ketangguhan GL-Pro Neo Tech sudah teruji dan terbukti disini.
Mengutip dari internet berikut spesifikasi Honda GL Pro Neo Tech :
Curb weight: 114 kg
Overall: length x width x height 2.034 x 754 x 1.062 mm
Wheel base: 1.281 mm
Seat height: 772 mm
Min-ground clearance: 149 mm
Fuel tank capacity: 8.0l
Chassis: Diamond steel
Front Tires: 2,75 – 18 – 42P
Rear Tires: 3,00 – 18 – 47P
Front Brakes: Disc Brake with double piston
Rear Brakes: Drum
Clutch: Manual, Wet Type, & Double Clutch
Battery: 12V – 4Ah
Spark Plug: ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Ignition: CDI-DC, Battery
Cam Chain: Silent chain
Fuel Consuming: 51,4 km/liter speed 50 km/hour (standard gasoline)
Engine oil capacity: 0.9 litre when dismantling machine; 0.7 litre when changing lubricant
Front suspension : Telescopic
Rear suspension: Swing arm with Double Shock Absorber
Engine type: 4-Stroke, OHC, Air Cooled
Displacement: 156,7 cm3
Bore stroke: 63,5 x 49,5 mm
Compression ratio: 9.0 : 1
Max. output / rpm: 13,8 PS / 8.500 rpm
Max. torque / rpm : 1,3 kgf.m / 6.500 rpm
Gear box: 1-N-2-3-4-5, 5 Speed
Starting system: Kick starter
Saya pikir dengan kubikasi 160 cc tentu tidak ada yang diragukan lagi dengan kemampuannya. Bahkan mungkin berani diadu dengan ‘cucu’ nya sekalipun Honda NMP yang selisih 10 cc….cmiiw. xixixixi 😛 . Ane sendiri dahulu sempat mencoba motor ini tetapi sudah lupa ‘rasa’nya. Monggo bagi kawan yang pernah memiliki atau menunggani Honda GL Pro “nyu-tek” yang sudah lebih dasa warsa ini silahkan dishare dimari….
NB : ane sendiri kadang masih bingung bedakan GL max dan GL Pro….hehehe
Maturnuwun
baca juga :
- Wah akan ada pembatasan motor di Kawasan Bromo terutama Pasir Berisik dan Bukit Teletubies
- Berpelukan… (biker dan motor belahan jiwa)
- Tarif baru masuk TN Bromo Tengger Semeru yang akan berlaku mulai besok 5 Mei 2014
- Ini lho tarif lihat sunrise di Gunung Bromo 2014 [Naik 375 persen gan….hiks…hiks…]
- Yuuk….. ikutan lomba berhadiah Jelajah Keajaiban Nusantara (shout dan blog).
- Jamnas 4 (papat) PRIDES, Tlatah Majapahit memanggil…
- Nyu-Tek di sekitaran Bromo
- (lagi) Pilihan Compresor electric…
- Ketemu Moge, ZX6R, Husqvarna, BMW, GS dan KTM
- Membelah Lautan Pasir Bromo
- Mengenal perkembangan teknologi irit Honda sejak tahun 1981-2013
- Honda Bikers Day 2014 : Satu Hati Dalam Harmoni Indonesia
- Piye tho…mau nyalain lampu sein malah klakson yang nyala #tepokjidat
- Ternyata Honda CBR150R gak ada saklar pass beam nya ya..
- Motor Honda Astrea Prima yang nyentrik bin antik
- Beda komponen injeksi moto gp dan harian (Honda PGM-Fi)
- Belajar ngeblog bareng honda community dan jatimotoblog
- Majalah Kabare Honda dikirim lagi, siapa mau ? [surabaya dan sekitarnya only]…hehehe
- Test ride New Honda Revo Fi [artikel telaat…]
- Daftar lengkap pabrikan motor-motor yang mengaspal di indonesia
pernah juga nyoba… tapi sudah lama… 😀
LikeLike
wow..
Nyu Tek,
Kalo disini yang jadi idola buat manjat2 malah King,
😀
LikeLike
loh king bukan raja jalanan ? heheheh 😀
LikeLike
hahaha
Dua duanya
:p
LikeLike
tak pikir sekilas nyu-t[r]ek “pake r”
kalo gl-max kan cc 125, kalo gl-pro sudah 160. ciri pembeda yang paling mencolok bentuk headlamp (max nggak pake tutup, pro pake tutup), sama gir belakang (max 41, pro 45/46) cmiiw
LikeLike
wah nais inpoh gan…maturtengkyu
LikeLike
nyu tek tek hmm apa ya.. jd inget sesuatu?
LikeLike
tahu tek lamongan kalee 😛
LikeLike
mohon ijin nambahin…: gl max gantungan helm dikiri,kalo gl pro di kanan…he he he gk penting ya?
LikeLike
ane msh pegang sampe sekarang gan, buat operasional kerja (digunung)
piston pake tigy punya, torsinya emang mantap gan, sayang chatternya yg kaga nahan…
LikeLike
GL q loyo
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/11/diy-membersihkan-rem-tromol-sendiri/
LikeLike
motorku dulu Max nyutek bedanya lampu depan jika Max ada lis chromenya, klo pro lampu depan ada cover plastik. untuk mesin klo ga salah beda di ukuran seher sedang strokenya sama. tentunya ukuran klep, karbu dll juga beda.
LikeLike
@ all : makasih atas kunjungannya kawan 😀
@ unthuk : makasih bro..
@ cak poer : wow…garang tenan
@ ipan : kurang minum kalee…xixixixi
@ f41z : wah mantabbz bro…suwun penjelasannya
LikeLike
tentu saja karbunya beda hehe…letak klaksonnya…oh ya, kok itu speknya rem depan cakram double piston? single piston ah…th 2001 make Gl pro neotech..emang joss dan awet…skrg pk gl max, top speed nya krg nih…
LikeLike
Wuihhh Hebat nih si “Nyu-Tek” ini alias GL-Pro nya si Honda walaaupun sdh tua tapi justru jadi idola para bikers disana..makin tua makin bermanfaattyee…tenaganya buat nanjak oke …mantappp…terbukti uy
LikeLike
@ andi s : wah makasih bro inpohnya 😀
@ sailor : betul bro…fakta telah berbicara 😀
LikeLike
buat nanjak enak krn gir belakangnya gede coba ganti gir kecil tenaganya pasti loyo.motor rx king jg hebat buat nanjak klu ganti gir yg lbih gede tp gak semantap gl pro
LikeLike
Kbtln ane msi pake gl pro platina, memang maknyus gk kalah sm mtr2 baru….
LikeLike
wah mantabz bro 😀
LikeLike
Pingback: Ada “Monster” dipinggir jalan « www.setia1heri.wordpress.com
Kebetulan Gan sampe saat ini gw masih pake tuh motor. Yang gw suka tuch : 1. Bodinya. Yang pake tua-muda oke. klo yang pake muda tinggal dimodif dikit udah mantab. 2. Ditanjakan emang gak kalah ama motor2 baru.
LikeLike
betul bro..makasih atas sharingnya 😀
LikeLike
kbtlan ane punya yang versi pertama GL Pro gan tenaga + irit bbmnya gk diragukan lagi
LikeLike
mesin 4 tak Honda emang jagonya tanjakan. Yamaha RX-King dsb cuma jagoan trek datar aja. kalo ditanjakan berat larinya.
LikeLike
bro, lu tau karakter 2 tak vs 4 tak gak?
jelas aja karena 2tak kurang jago di tanjakan, tapi di jalan datar, wuuuueeeettttttttt…
langsung ilang tuh di depan.
kebalikannya pada 4 tak.
kecuali vespa ya, biar 2 tak tapi jago merayap di tanjakan
LikeLike
belum pernah nyoba keluarga GL,cuma tiger yg dah coba.
btw saat saya main ke tempat famili di gresik,desa kalitengah isinya itu motor gl pro om.
LikeLike